100% Natural Honey | Tips-tips Kesehatan Anak: Jangan Ajarkan Anak membaca di Usia Dini
Madu Uray adalah madu murni yang diperkaya dengan saripati dari berbagai bunga hutan, nutrisi alami, enzim, bee pollen, dan royal jelly.
madu organik, madu murni, madu hutan
23641
post-template-default,single,single-post,postid-23641,single-format-standard,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,select-theme-ver-2.7,wpb-js-composer js-comp-ver-4.5.3,vc_responsive
 

Tips-tips Kesehatan Anak: Jangan Ajarkan Anak membaca di Usia Dini

Tips-tips kesehatan

Tips-tips Kesehatan Anak: Jangan Ajarkan Anak membaca di Usia Dini

MADU URAY – Memang membanggakan orang tua jika memiliki anak yang sudah bisa membaca tulisan ketika masih balita, namun hal ini sesungguhnya sangatlah tidak baik untuk dilakukan, dikarenakan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak membaca adalah ketika telah genap berusia lima hingga enam tahun. Di usia tersebut seorang anak akan lebih siap dalam memproses pengajaran huruf-huruf hingga dapat merangkainya menjadi sebuah kata. Simak tips-tips kesehatan berikut yang akan membahas tentang pengajaran membaca pada anak.

 

Bacakan Buku Cerita Pada Anak

 

Bagi sebagian anak memang memiliki kemampuan membaca ketika masih dalam usia balita, akan tetapi banyak diantaranya yang hanya sekedar mampu membacanya tanpa memahami instruksi yang sesungguhnya. Untuk pengenalan ketika anak masih balita akan lebih baik jika terlebih dulu orang tua mengenalkan buku bergambar dimana terdapat bermacam cerita yang menyenangkan.

 

Ketika buah hati sudah memasuki usia 2 tahun cobalah para orang tua untuk membacakan buku dengan kalimat-kalimat pendek yang memiliki rima dan alur ceritanya mudah dimengerti oleh anak. Saat membacakan buku cerita kepada si kecil, pastikan ia dapat memerhatikan aneka gambar yang ada dalam buku itu, tunjuklah sesekali gambar yang sekiranya dapat menarik perhatiannya.

 

Setelah usia anak mencapai 3 sampai 4 tahun bolehlah para orang tua mulai mengenalkan dengan urutan alfabet. Mulai dengan buku ataupun poster yang menampilkan gambar yang menunjukkan alfabet. Seorang anak akan lebih mudah mengingat deretan alfabet ketika ia tengah mengasosiasikan huruf-huruf tersebut dengan hal-hal tertentu. Jangan lupa ajarkan juga sebuah kata terdiri dari deretan huruf yang kemudian dapat merepresentasikan sesuatu.

 

Tips-tips kesehatan selanjutnya tentang pengajaran membaca pada anak adalah dengan menyebutkan nama sang buah hati diikuti dengan mengajarkan si kecil merangkai beberapa huruf menjadi rangkaian namanya.

 

Dalam mengajarkan anak membaca agar orang tua lebih bersabar dan berhati-hati agar anak dapat memahami setiap kata yang ia pelajari dari huruf yang dirangkainya secara perlahan. Demikian tips-tips kesehatan seputar perkembangan anak yang bisa Uray sampaikan kepada Sobat Uray.

No Comments

Post a Comment