Ide Resep Sarapan Sehat Pakai Madu yang Bikin Nagih!

Ide Resep Sarapan Sehat Pakai Madu yang Bikin Nagih!

Breakfast is the most important meal of the day.

Pasti sudah tidak asing dengan kalimat tersebut, ya. Sarapan didapuk sebagai waktu makan terpenting. Hal ini bukan tanpa alasan, lho. Mengutip dari Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S. GX., M.P,H RD., menjelaskan mengapa sarapan penting untuk dilakukan. Salah satunya ialah karena sarapan menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari.

“Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum, otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur, maka akan lemas karena tidak ada bahan bakar yang masuk,” ungkapnya.


Manfaat dari sarapan selanjutnya adalah menjadi sumber energi bagi otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Sebaliknya jika tidak sarapan maka fungsi kognitif otak berkurang. Selain itu sarapan juga dapat mencegah penyakit maag, karena dengan sarapan lambung akan terisi dengan makanan yang mentralisir asam lambung.

Tidak hanya itu saja, sarapan juga mampu menjaga suasana hati atau mood!. Oleh karena itu, tidak heran kalau ternyata sarapan itu penting, ya.

Biar sarapanmu makin ideal, kami sudah mengumpulkan beberapa ide sarapan sehat, yakni:

 


1. Pancake dengan Buah & Madu

Salah satu menu alternatif sarapan yang praktis. Selain tidak membutuhkan waktu yang lama, rasanya yang lezat menjadikannya favorit banyak orang, termasuk anak-anak. Cukup sajikan pancake lalu tambahkan beberapa potongan buah favoritmu, kemudian drizzle madu di atas pancake dan buahnya sebagai pemanis yang sehat.

 

2. Yoghurt & Madu

Ide sarapan ini cocok untuk kamu yang mau sarapan sehat, terutama untuk membantu pencernaan. Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang mampu mengatasi masalah pencernaan, sehingga rasa iritasi pada usus bisa lebih berkurang. Biar makin sehat, bisa tambahkan topping buah, granola, assorted nuts dan dilengkapi dengan madu. 

3. Roti Tawar Madu

Biar nggak bosan dengan topping roti dengan selai yang itu-itu saja, kamu juga bisa gunakan madu sebagai selai loh!. Kamu hanya perlu menyiapkan satu lembar roti, mentega, dan madu secukupnya.


4. Susu Madu

Selain makanan, susu pun cocok dicampur dengan madu. Pilihlah fresh plain milk dan tambahkan madu sekutar 1sdm dan aduk hingga rata. Minuman sederhana tapi sehat!.

Selamat sarapan!

Back to blog