Manfaat Madu Murni untuk Ibu Hamil: Apakah Aman?

Manfaat Madu Murni untuk Ibu Hamil: Apakah Aman?

Ketika hamil, para ibu biasanya akan lebih was-was dalam mengonsumsi makanan dan minumannya. Sehingga tak heran apabila banyak yang bertanya-tanya tentang keamanan mengonsumsi madu murni seperti Madu Uray saat sedang hamil.

 

Mengutip dari Verywell Family, mengonsumsi madu umumnya tidak berbahaya bagi ibu hamil. Otoritas kesehatan seperti American College of Obstetricians and Gynecologists AS juga tidak memasukkan madu ke dalam rekomendasi makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil.

 

Madu murni, seperti Madu Uray, memiliki beragam manfaat kesehatan untuk ibu hamil di trimester 1, trimester 2, dan trimester 3. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Madu mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin B2, B3, B6, B9 (asam folat), vitamin C, magnesium, zinc, zat besi, fosfor, kalium, serta kalsium.

 

Madu aman dikonsumsi untuk ibu hamil, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Cermat memilih madu. Pastikan ibu hamil memilih madu dengan kandungan murni dan tanpa tambahan pemanis. Selain itu, pilihlah madu yang sudah terdaftar di BPOM, seperti Madu Uray.
  • Takaran mengonsumsi madu. Meskipun ibu hamil bisa mengonsumsi madu, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, terutama jika memiliki kadar gula darah yang tinggi. Cukup konsumsi 3-5 sdm setiap harinya.
  • Ibu hamil yang sedang mengonsumsi antibiotik. Agar lebih aman, ada baiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apabila ibu hamil juga mengonsumsi obat-obatan lainnya.

 

Ibu hamil bisa menikmati madu murni, seperti Madu Uray, dengan cara meminum langsung atau dicampur ke segelas teh atau air hangat. Selamat menikmati kehamilan yang sehat!

Back to blog