Madu dan Sendok Logam: Mitos atau Fakta?

Madu dan Sendok Logam: Mitos atau Fakta?

Madu murni, seperti Madu Uray merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh dan alternatif pemanis yang lebih sehat dibandingkan dengan gula putih. Oleh karena itu, banyak orang mengonsumsi madu untuk kebutuhan sehari-hari. Ada beragam cara mengkonsumsi madu, seperti memakannya langsung atau mencampurnya dengan makanan atau minuman.

 

Kami sering kali mendapati konsumen Madu Uray yang menanyakan terkait cara yang benar dalam mengkonsumsi madu, beredar keyakinan di masyarakat bahwa madu tidak boleh diambil dengan sendok logam atau stainless steel. Alasannya adalah sendok tersebut dapat mengurai logam dan menyebabkan karat di dalam madu, serta mengubah komposisinya.

 

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini ternyata hanyalah mitos belaka.

 

Mengutip dari Kompas, Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., mengatakan bahwa madu bisa dikonsumsi dengan sendok dari bahan stainless steel. "Mengonsumsi madu boleh menggunakan sendok dari bahan apa saja, termasuk plastik, kayu, atau stainless steel," ujar Prof. Asnath.

 

Prof. Asnath menegaskan bahwa informasi mengenai madu tidak boleh diambil dengan sendok logam sama sekali tidak benar. Menurutnya, meskipun madu memiliki sifat asam, hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap logam dalam waktu yang singkat.

 

Sederhananya, ketika mengambil madu dengan sendok berbahan stainless steel atau logam lainnya, madu tersebut berinteraksi dengan sendok hanya dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga, tidak ada reaksi atau efek apapun yang dihasilkan dari interaksi antara sendok logam dan madu. Prof. Asnath menjelaskan bahwa logam memang bisa memengaruhi komposisi madu, namun jika keduanya berinteraksi dalam waktu yang sangat lama.

 

Jadi, tidak perlu khawatir lagi menggunakan sendok logam untuk mengambil madu. Sekarang Anda tahu bahwa hal ini hanyalah mitos, dan Anda bisa menikmati madu dengan sendok logam atau bahan lainnya tanpa rasa cemas.

 

Dengan mengetahui fakta ini, Anda akan lebih siap untuk menikmati manfaat kesehatan dari madu dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Ingatlah untuk selalu memeriksa informasi yang Anda terima dan mencari sumber yang tepercaya sebelum mengikuti mitos atau anjuran yang beredar di masyarakat. Jadi tidak perlu khawatir lagi pakai sendok logam untuk mengambil madu, termasuk Madu Uray, ya!

Back to blog